Dandim 1418 Mamuju Buka Liga Santri Piala KASAD di Lapangan Merdeka

Dandim 1418 Mamuju Buka Liga Santri Piala KASAD di Lapangan Merdeka

Terassulbar.com, Mamuju – Liga Santri Piala Kasad Tahun 2022 yang diselenggarakan di seluruh Indonesia juga dilaksanakan di Mamuju Sulawesi Barat. Kodim 1418 Mamuju yang berada di wilayah Kodam VI Hasanuddin sebagai pelaksananya.

Dandim 1418 Mamuju, Kolonel Inf Donny Pramono mengatakan, peserta Liga Santri ini berasal dari para santri pondok pesantren guna mencari bakat bibit unggul dan berprestasi pesepakbola di kalangan santri. Dia juga menuturkan liga santri inu dilaksanakan bekerjasama dengan PSSI Mamuju.

“Tujuan dan sasaran liga ini adalah mencari bibit unggul dan atlet berprestasi di kalangan santri pondok pesantren. Liga ini menggandeng PSSI sekaligus akan menjadi ajang pencarian bibit unggul untuk atlet sepakbola, yang handal dan profesional serta berasal dari kalangan santri pondok pesantren,” kata Donny Pramodo saat membuka kegiatan, Senin (20/06/2022).

Donny Pramono menambahkan liga ini adalah bentuk perhatian Kasad terhadap generasi muda dari kalangan santri, khususnya untuk bibit unggul dan berprestasi di olahraga sepakbola. Kasad berkeyakinan, dikalangan santri, dengan usia yang masih sangat muda dan energik, akan ditemukan bibit unggul.

“Santripun bisa membawa Garuda terbang tinggi, masih panjang perjalanan dalam menempa mereka untuk menjadi atlet yang unggul,” tambag Donny Pramono.

Peserta Liga Santri Piala Kasad Tahun 2022 di Mamuju

Donny Pramono menegaskan, kemungkinan adanya peluang kemudahan bagi mereka yang berprestasi dan memenuhi syarat untuk menjadi TNI. Para santri bisa mesuk TNI melewati jalur prestasi.

“Para atlet yang berprestasi nantinya bukan tidak mungkin difasilitasi dalam tes dan dimudahkan menjadi seorang anggota TNI,” tegas Donny Pramono.

Donny Pramono mengungkapkan, Liga Santri Piala Kasad di Mamuju diikuti 8 tim dari pesantren-pesantren yang ada di Mamuju. Tim itu yakni, Pesantren Hidayatullah, Al Munawarah Salutalawar, Raodatut Thalibin Tohri, At-Tanwir Muhammadiyah, Attahiriyah Annahdiyah, Al Rahman Kabuloang, Darul Quran Wal-Hadits dan At-Taufiq Pattaropura Topore.

“Sistem pada pertandingan ini yakni menggunakan sistem setengah kompetensi dan gugur tunggal. Pertandingan akan digelar dari tanggal 20 Juni sampai dengan 30 Juli 2022,” ungkap Donny Pramono.

Pada tanggal 20 Juni hingga 30 Juli dilaksanakan babak penyisiha dan tanggal 7 Agustus hingga 23 September di tingkat provinsi. Seleksi di tingkat nasional akan dilaksanakan pada 25 September hingga 22 Oktober 2022. (**)

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.