Kadis Pertanian Meninjau lokasi Pemda Yang Garap Warga

Kadis Pertanian Meninjau lokasi Pemda Yang Garap Warga

Majene,Terassulbar.Com-Dinas Pertanian Peternakan dan Perkebunan(Distanakbud) Kabupaten Majene,bersama dengan rombongan meninjau lokasi milik pemda, yang saat ini di manfaatkan warga untuk ditanami pakan ternak Kambing,dan tanaman jangka pendek.

Ir.H.Rafli Nur, Kepala Dinas Pertanian Perikanan Peternakan dan Perkebunan(Distanakbud) Kabupaten Majene,
mengatakan,bahwa lahan milik pemerintah saat digarap petani untuk di manfaatkan.Mereka menami pakan ternak kambing.
Apa lagi peternakan kambing di wilayah kecamatan pamboang sangat prospek,hampir setiap warga didesa memiliki ternak.”Ujar Rafli ketika meninjau lokasi dan sekaligus temui petani jum’at 17/6/2.

“Lanjut dia,keberhasilan suatu peternakan dapat dilihat dari kuantitas pakan yang diberikan. Pakan merupakan ¬†bahan baku yang dikonsumsi oleh ternak untuk memenuhi kebutuhan¬† energi, dan zat nutrisi dalam ransum makanannya.Apa lagi lokasi tersebut berada di dusun Siiyaang Desa Adolang Dhua,sangat potensi untuk tanaman janka pendek di luar dari pakan ternak.”Ucapnya
Selain itu,lokasi milik pemda majene dibeli beberapa tahun yang lalu,hanya belum digarap dan dipinjamkan kepada petani.Di hadapan warga petani menyampaikan agar lahan milik pemerintah yang digarap masyarakat sekarang ini,bisa digunakan dengan,catatan menanam tanaman jangka pendek,suatu waktu ketika Pemda sudah mau menggunakan, maka dengan rela warga siap mengembalikan lokasi tersebut tampa ada ganti rugi.”Ujar kadis.

Dia berharap,kepada petani tanaman pakan ternak jenis
lantoro merupakan bahan pakan ternak yang sangat diperlukan dan besar manfaatnya bagi
kehidupan dan kelangsungan usaha peternakan. Ternak membutuhkan pakan hijuan hamper 70-80% setiap harinya sehingga sangat penting sekali untuk ketersediaan pakannya. Apa lagi akhir musim kemarau, dapat ditanami pada awal musim hujan.Menyangkut pakan ternak kambing bisa mencukupi pengembangan kambing di kecamatan pamboang.

Sementara itu,Burhanuddin Kepala Desa Adolang Dhua,mendampingi kadis Distanakbun Kab. Majene bersama rombongan dalam meninjau lokasi pengembangan pakan ternak kambing.Sangat berterima kasih kepada kadistanakbud,dengan kehadirannya Desa Adolang Dhua,sangat memberikan motivasi kepada warganya,
dalam pengembangan ternak kambing.Apa lagi ternak kambing merupakan sala satu komodi andalan di Adolang Dhua.Menyinggun lahan pemda yang di garap warganya benar,itu sudah lama, mereka hanya petani penggarap, itupun hanya menami tanaman janka pendek.
Mereka memanfaatkan lahan kosong,selama ini tidak produktif hingga bisa menjadi produktif.”Tutur Burhan.(Whd).

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.