BPOM di Mamuju Menjaring Duta Kosmetik Aman

BPOM di Mamuju Menjaring Duta Kosmetik Aman

Mamuju, Terassulbar.com – Puluhan calon Duta Kosmetik Aman begitu antusias mengikuti bimbingan teknis di Hotel Grand Maleo Mamuju, Jumat (17/6/2022).

Kegiatan bimbingan ini merupakan Agenda Balai Pengawas Obat dan Makanan (POM) di Mamuju dan menjadi salah satu rangkaian Pemilihan Duta Kosmetik Aman untuk wilayah Sulawesi Barat.

“Ini bagian dari program nasional berupa Badan POM Goes To School dan Campus. Kita melakukan pemilihan duta Kosmetik Aman. Dari pemilihan ini, nantinya akan dipilih kader Duta Kosmetik Aman nasional,” papar Kepala Balai POM di Mamuju, Lintang Purba Jaya di sela-sela Bimtek.

Tugas duta tersebut diantaranya memberikan edukasi secara masif, membentuk komunitas di sekolah atau kampus-kampus yang akan menjadi pionir dalam mensosialisasikan penggunaan kosmetik aman.

Sebanyak 30 peserta berasal dari beragam sekolah tingkat menengah atas serta perguruan tinggi yang ada di Sulawesi Barat. Selama bimbingan, mereka memperoleh dan menggali informasi seputar kosmetik aman yang kini kian menjamur di daerah.

Menurut Lintang Purba seluruh rangkaian penjaringan nantinya akan melahirkan tiga duta wilayah Sulawesi Barat untuk mengikuti seleksi nasional. Puncak acara di Mamuju akan berlangsung Sabtu besok.

Dijelaskan bahwa selain tiga kandidat terbaik, 27 peserta lain akan tetap menjadi bagian dari perpanjangan tangan BPOM di daerah untuk berkampanye mensosialisasikan pentingnya menjadi konsumen cerdas.

“Jadi yang 27 peserta lain akan tetap jadi duta BPOM alam mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya memilih kosmetik aman,” tandas Lintang.

Agenda ini juga menjadi bagian dari wujud komitmen BPOM di Mamuju dalam menjaga dan mewujudkan obat dan makanan aman bagi masyarakat Sulawesi Barat.

Pelaksanaan bimbingan teknis pemilihan Duta Kosmetik Aman BPOM di Mamuju
Pelaksanaan bimbingan teknis pemilihan Duta Kosmetik Aman BPOM di Mamuju

Ketua DPRD Sulbar, Suraidah Suhardi menyampaikan apresiasi atas terlaksananya pemilihan Duta Kosmetik Aman yang memang fokus pada generasi milenial di daerah.

Menurut Suraidah, para peserta yang telah dibekali dengan beragam pengetahuan dan pemahaman terkait Kosmetik Aman akan dapat menjadi corong informasi bagi lingkungan masing-masing.

“Kedepan mereka adalah garda terdepan menyampaikan kepada masyarakat bagaimana memilih produk makanan dan minuman utamanya kosmetik aman dan halal,” sebutnya.

Politisi Demokrat itu hadir sebagai salah satu pemateri bimbingan dan sempat berbagi kiat-kiat menghadapi beragam gempuran produk kosmetik dari luar yang memang harus dipilah dengan baik.

“Melakukan edukasi ke masyarakat, BPOM dan kita selaku pemerintahan tidak bisa berjalan sendiri, memang harus melibatkan semua stakeholder, terutama generasi muda daerah,” tandas Suraidah. (red)

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.