Sengketa Pilkades Ratte Polewali Mandar Berlanjut ke PTUN Makassar

Sengketa Pilkades Ratte Polewali Mandar Berlanjut ke PTUN Makassar

Majene, Terassulbar.com,- Sengketa Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Ratte, Kecamatan Tubbi Taramanu, Kabupaten Polewali Mandar (Polman) berlanjut ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) di Makassar, Sulsel.

Langkah ini diambil karena pihak penggugat yang merupakan salah satu kandidat Pilkades menduga Pemerintah Polman tidak memproses upaya sengketa pemilihan kepala desa Ratte yang diajukannya, meski telah dilengkapi dengan saksi dan bukti penguat.

Abdul Rahim Muchtar selaku kuasa hukum penggugat menjelaskan upaya-upaya sengketa Pilkades di tingkat kabupaten telah ditempuh oleh kliennya. Namun seakan tak digubris. Pemda dinilai melakukan pembiaran.

Karena itu pihaknya meneruskan upaya pencarian keadilan ke PTUN dan dinilai memenuhi syarat untuk disidangkan. “Pemberitahuan dari pihak pengadilan, sidang pertama akan berlangsung pada tanggal 18 Mei ini,” ujar Rahim dalam rilis resminya, Sabtu (14/05/2022).

Selaku kuasa hukum, Kantor advokat Abdul Rahim Muchtar & Associates menempatkan Surat Keputusan (SK) Bupati Polewali Mandar sebagai obyek gugatan.

SK dimaksud terkait Pemberhentian Pejabat dan Pengesahan Pengangkatan Pejabat Kepala Desa dalam wilayah Kabupaten Polman periode 2022-2028 sepanjang mengenai penetapan Kades Ratte.

Rahim menambahkan, sebelum ke PTUN pihaknya sudah menempuh upaya sengketa Pilkades Ratte di tingkat panitia lokal. Kemudian lanjut keberatan terhadap SK Bupati.

“Karena tidak diindahkan kita ajukan banding administratif ke Gubernur Sulbar, tapi juga tidak ada tanggapan, sehingga kita ajukan gugatan pembatalan SK Bupati Polman nomor 1156 itu ke PTUN di Makassar,” terangnya.

Menurut Rahim, Pemda Polman telah mengetahui adanya gugatan terkait Pilkades Ratte di PTUN Makassar, sejak gugatan ini terdaftar dan siap disidangkan. “Kami berharap hasilnya positif, berupa keadilan bagi klien kami dan masyarakat Ratte serta Polman secara umum,” tutup Abdul Rahim.  (*)

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.