BPCB Makassar Monev Makam Raja-raja

BPCB Makassar Monev Makam Raja-raja

Majene, Terassulbar.com – Tidaklah sesuatu yang sangat berlebihan jika masyarakat menginginkan sebuah Infrastruktur jalan yang baik dan bagus, karena jalan merupakan prasarana utama dan sangat penting bagi kehidupan masyarakat, baik yang sifatnya ekonomi maupun non ekonomi.

Seperti dalam perbincangan pihak Badan Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Makassar bersama Staf Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Majene, di ruang pertemuan Disbudpar Majene, Kamis (27/01/2022).

Dalam perbincangan itu, terkait akses jalan menuju kompleks Makam Raja-raja Hadat Mandar di bukit Ondongan Kelurahan Pangaliali Kecamatan Banggae menjadi prioritaskan peningkatan infrastruktur jalan beton.

“Kami berbincang dengan pihak BPCB Makassar pada kegiatan Monev (Monitoring, evaluasi) dan perawatan kompleks makam Raja-raja Hadat Banggae, Makam Mara’diah Para ppe dan lainnya,” terang Kedin Analisis Sejarah dan Nilai-nilai Tradisional Disbudpar Majene.

Ia menjelaskan, akses jalan rabat beton menuju kompleks makam Raja-raja Hadat Banggae saat ini dalam kondisi rusak dan perlu peningkatan guna memperlancar para pengunjung dan peziarah makam umum.

“Saat ini, retribusi untuk pengunjung makam Raja-raja Hadat Banggae belum difungsikan, itu karena belum ada penandatanganan kerjasama dengan BPCB Makassar,” ujarnya.

Lebih jauh Kedin menjelaskan, bahwa jalan beton kompleks makam Raja-raja Hadat Banggae tidak hanya digunakan bagi para pengunjung, namun juga para peziarah makam umum yang berdampingan makam hadat Raja-raja Banggae.

“Kondisi akses jalan menuju kompleks makam Raja-raja Hadat saat ini, selain berlubang juga kerikil banyak berhamburan, sehingga tentunya perlu ditingkatkan,” harapnya.(Adv)

 

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.