Ranperda KLA Harus Disosialisasikan

Ranperda KLA Harus Disosialisasikan

Majene, Terassulbar.com – Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PP-PA) Majene Hj. Riadiah Zakariyah menyatakan, bahwa Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Tentang Pengarusutamaan Gender dan Ranperda Penyelenggaraan Kabupaten Layak Anak (KLA) harus di sosialisasikan melalui di uji pubik ke masyarakat.

“Tujuannya agar ada masukan masyarakat sebagai bahan penyempurnaan substansi Ranperda ini,” sebut Radiah Zakariyah pada Uji Publik Ranperda Kabupaten Majene Tentang Pengarusutamaan Gender dan Ranperda Penyelenggaraan Kabupaten Layak Anak, di ruang Pola Kantor Bupati Majene, Rabu (08/12/2021).

Ia berharap, melalui uji publik dapat melahirkan banyak masukan dan melahirkan Peraturan Daerah (Perda) yang bisa mendukung pelaksanaan KLA dan pengarusutamaan gender. “Kegiatan ini baru dapat terlaksana, karena selama ini belum termuat dalam penganggaran di DPA. Namun berdasarkan masukan dari Bapemperda maka kegiatan bisa terlaksana,” tuturnya.

Kegiatan uji publik, dibuka Sekertaris Kabupaten (Sekkab) Majene Ardiansyah. Dan mengapresiasi DP-PA Majene karena implementasi kegiatan merupakan suatu komitmen Pemda melalui OPD untuk menghadirkan kepedulian terhadap pengarusutamaan gender dan KLA.

“Saya menilai, prodak hukum belum banyak dibuat di beberapa Kabupaten dan Kota sehingga saya berinisiatif melalui kegiatan uji publik ini, bisa menjadi contoh bagi OPD lain,” ujarnya.

Ardiansyah berharap, Perda akan menjadi komitmen bersama, bahwa perlindungan anak dan pengarusutamaan gender yang aman dan ideal bukan hanya di beban ke Pemerintah saja. “Jadi tanggung jawab bersama, baik Pemkab Majene, seluruh masyarkat,¬†pemerhati perempuan dan lembaga kemasyarakatan,” papar Ardiansyah.

Turut hadir dalam uji publik, Kapolres, Ketua PN, Ketua PA, Mewakili Kajari, Pimpinan OPD, Camat, Instansi Vertikal dan Organisasi Wanita.(Rzh)

 

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.