Petani Paminggalan Terima Bantuan Bibit Kopi

Petani Paminggalan Terima Bantuan Bibit Kopi

Majene, Terassulbar.com – Guna meningkatkan pengembangan budidaya kopi, Pemerintah Desa (Pemdes) Paminggalan Kecamatan Sendana, menyalurkan bantuan sebanyak 80.000 bibit kopi kepada petani di wilayahnya.

“Penyaluran bibit kopi ini, dilaksanakan di Aula Kantor Desa Paminggalan pada 30 November 2021, dan pengembangan budidaya kopi sangat cocok di wilayah Desa Paminggalan karena daerah pegunungan,” terang Syarifuddin,” Rabu (01/12/2021).

Syaripuddin menjelaskan, bahwa bibit kopi yang disalurkan jenis arabika berasal dari Kabupaten Polewali Mandar yang sudah teruji dan bersertifikat. “Kepada petani yang mendapatkan bibit supaya secepatnya di tanam dan dirawat dengan baik agar cepat tumbuh dan berkembang,” imbuhnya.

Diungkapkan, penyaluran bibit kopi sebagai komitmen Pemdes Paminggalan untuk memperdayakan masyarakat guna menopang peningkatan ekonomi dan produktifitas petani serta peningkatan kesejatraan masyarakat.

“Penyaluran bibit kopi, merupakan program bantuan petani sudah tertuan dalam APBDes Tahun Anggaran 2021, melalui anggaran Dana Desa (DD) tahap pertama. Dan saat ini, sisa bantuan Tuna lansung (BLT) 2021 yang akan kita salurkan,” akunya.

Ia menuturkan, petani di Desa Paminggalan didominasi penghasilan produksi kemiri dan ternak. “Bibit kopi jenis arabica bisa berkembang jika di lakukan dengan niat baik, untuk kemajuan bersama, jangan hanya kemiri dan ternak yang harus di kembangkan akan tetapi potensi lain pun bisa, mengingat perubahan kopi sejenis arabica sangat cocok dengan iklim di wilayah ini,” bebernya.

Ia menambahkan, jika para petani di Desa Paminggalan berhasil mengembangkan budidaya kopi, maka bukan tidak mungkin Desa Paminggalan akan menjadi sentra kopi di Kecamatan Sendana.

“Penyerahan bibit kopi, disaksikan Ketua BPD, Aparat Pemdes, masyarakat dengan tetap menerapkan Protokol kesehatan Covid-19,” tambahnya.(Whd)

 

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.