PKM Sendana II Gelar Lomba Posyandu

PKM Sendana II Gelar Lomba Posyandu

Majene, Terassulbar.com – Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM) Sendana II Kecamatan Tubo Kabupaten Majene, menggelar lomba Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) dalam rangka menyambut Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-57.

Perlombaan Posyandu dari 7 desa di wilayah Kecamatan Tubo Sendana  sebagai bentuk penggalangan komitmen bersama dalam rangka peningkatan capaian program Nasional khususnya penanganan dan pencegahan stunting dengan cara memotivasi kader kesehatan Desa.

“Perlombaan Posyandu ini, dimulai pada Senin 25 sampai Kamis 27 November,” terang Kepala PKM Kecamatan Tubo Sendana juga selaku Ketua Tim Penilaian Nurani, Senin (25/11/2021).

Dituturkan, perlombaan Posyandu sangat diharapkan dukungan Pemerintah Kecamatan dan Desa agar terlaksana dengan lancar. “Setiap desa mewakili satu posyandu untuk ikut berkompetisi dalam kegiatan lomba. Bagi Posyandu meraih juara 1 akan mewakili Kecamatan Tubo ke tingkat Kabupaten,” urainya.

Lomba Posyandu lanjut Nurani untuk mengetahui sejauh mana tingkat kemampuan, kapasitas, kualitas para Kader posyandu, pembina kader (Bidan desa) dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat diberbagai tingkatan, mulai usia balita sampai lanjut usia,” bebernya.

Selain itu sambung Nurani, sekaligus mengetahui indikator pencapaian layanan di posyandu setiap desa serta aspek manfaat dalam lomba, seperti menjadi ajang Silaturrahim untuk mempererat solidaritas sesama kader, pokja TP-PKK, bidan desa serta jajaran Pemdes.

“Kegiatan ini, merupakan momentum penyemangat bagi setiap kader dalam melaksanakan tupoksinya, khususnya meja layanan yang bisa berbagi ilmu pengetahuan selama proses pembinaan menghadapi lomba posyandu,” jelasnya.

Lebih dalam Nurani menjelaskan, melalui lomba posyandu, sebagai bentuk penggalangan komitmen bersama dalam rangka peningkatan capaian program Nasional khususnya Penanganan dan pencegahan Stunting dengan memberi makanan tambahan balita, rutin memantau pertumbuhan perkembangan balita, melalui stimulasi diri perkembangan anak, pelayanan dan perawatan kesehatan yang optimal untuk anak.

“Penggalangan komitmen ini, kesemuanya ada pada kegiatan posyandu. Kita berharap, Posyandu dengan nama Sipakainga Desa Tubo Kecamatan Tubo Sendana Optimis meraih kejuaraan pada kegiatan lomba Posyandu tingkat kecamatan menuju tingkat kabupaten dan Provinsi,” harapnya.

Ditempat berbeda, Kepala Desa Tubo Nasri optimis Posyandu Sipankainga akan mengikuti perlombaan tingkat Kecamatan untuk mewakili Desa Tubo ke tingkat Kabupaten hingga Provinsi Sulbar.

“Jauh sebelum perlombaan, para kader kesehatan Desa sudah mempersiapkan berbagai aspek terkaitan dengan indikator penilaian agar bisa meraih juara, kami terus memberikan motivasi bersama dengan Ketua TP-PKK Desa Tubo setiap saat ada kegiatan kader posyandu,” akunya.

Dipaparkan, saat ini terus melakukan pembenahan, baik administrasi maupun bentuk pembenahan fisik bangunan. “Perlombaan posyandu juga merupakan kegiatan Dinas Kesehatan Majene. Kita optimis Posyandu Sipakainga bisa juara,” pungkasnya.(Whd)

 

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.