Peningkatan Jalan Desa Simbang Melalui Program Pisew

Peningkatan Jalan Desa Simbang Melalui Program Pisew

Majene, Terassulbar.com – Pemerintah Desa (Pemdes) Simbang Kecamatan Pamboang melakukan peningkatan jalan pemukiman melalui Program Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (Pisew) 2021.

Kegiatan Pisew dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) ini, digulirkan melalui Dana Badan Kerjasama Antara Desa (BKAD) untuk pembangunan infrastruktur rabat beton jalan pemukiman dan sektor pertanian di Desa Simbang tepatnya di Dusun Pallarangan.

Kepala Desa Simbang Rahmadi mengaku, terus berupaya mencari peluang untuk mendapat program serta bantuan yang belum dapat direalisasikan melalui Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) di Wilayahnya.

“Perencanaan dalam APBDes untuk rabat beton jalan pemukiman belum dapat direalisasikan pada 2020, itu disebabkan refocusing anggaran Dana Desa (DD) akibat Pandemi Covid-19,” aku Rahmadi, Rabu (24/11/2021).

Dijelaskan, panjang pembagunan rabat beton jalan pemukiman di Dusun Pallarangan mencapai volume 775 meter dan lebar 3 meter serta ketebalan 20  centimeter dengan target 120 hari kerja yang dikerjakan Satuan Kerja (Satker) Pelaksana Pemukiman Provinsi Sulawesi Barat, Tim bersama warga sekitar.

“Pembangunan rabat beton jalan ini berdasarkan usulan warga yang sempat tertunda beberapa tahun akibat adanya Pandemi Covid-19. Dan pengerjaannya saat ini sudah mencapai 80 persen,” terangnya.

Peningkatan jalan lanjut Rahmadi, merupakan impian masyarakat yang selama ini mengalami kerusakan. “Meskipun kami hanya bisa melaksanakan rabat beton, namun dapat memperlancar akses untuk aktivitas warga dari berbagai bidang,” tuturnya.

Di lokasi pengerjaan jalan, Pelaksana Kegiatan Sulkarnaen mengatakan, keterlambatan pekerjaan rabat beton jalan pemukiman di sebabkan kondisi curah hujan terus mengguyur wilayah Kabupaten Majene.

“Sering hujan sehingga kendaraan pengangkut material sulit masuk ke lokasi, dan menunggu beberapa hari baru material bisa diangkut ke lapangan. Untuk saat ini betonisasi sudah masuk 80 persen dan pertengahan Desember akan rampung 100 persen,” pungkasnya.(Whd)

 

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.