Kadistanakbun Harap Tingkatkan Budidaya Toga

Kadistanakbun Harap Tingkatkan Budidaya Toga

Majene,Terassulbar.com – Tanaman Obat Keluarga (Toga) merupakan tanaman yang bisa ditanam atau dibudidayakan di pekarangan rumah atau kantor dan mempunyai manfaat sebagai obat-obatan herbal tradisional.

Budidaya tanaman Toga dapat memacu usaha kecil dan menengah di bidang obat-obatan herbal sekalipun dilakukan secara individual. Setiap keluarga dapat membudidayakan tanaman obat secara mandiri dan memanfaatkannya, sehingga akan terwujud prinsip kemandirian dalam pengobatan keluarga.

Pernyataan ini, dituturkan Kepala Dinas Pertanian Perkebunan dan Peternakan (Distanakbun) Majene Burhan Usman didampingi Sekretaris Distanakbun Majene Muhammad Safei saat berkunjung ke lokasi Toga, diarea Kantor Distanakbun Majene, Senin (22/11/2021).

Dijelaskan, Toga adalah pola hidup yang sederhana, yaitu dengan memanfaatkan tumbuh-tumbuhan yang bisa dijadikan sebagai obat herbal dalam kehidupan sehari-hari karena setiap tumbuhan mempunyai manfaat tersendiri untuk mengobati penyakit tertentu.

“Kebun toga integrasi PKK dengan Revolusi Hijau ini, juara pertama pada penilaian lomba pekarangan kantor tingkat OPD Pemkab Majene, itu semua berkat inovasi bersama para Staf Distanakbun Majene,” paparnya.

Kegiatan ini penting dilakukan agar masyarakat mengetahui dan memanfaatkan tanaman obat yang ada disekitar untuk mengobati penyakit tertentu sebelum memutuskan untuk melakukan pengobatan medis yang menggunakan obat-obatan kimia.

“Berbagai jenis tanaman toga yang kita tanam, seperti jahe, kunyit, pisang, sayuran, cabai, tomat dan tanaman lainnya,” urainya.

Dituturkan, untuk cara pengolahan serta khasiat dan kandungannya seperti tanaman jahe bisa menyembuhkan masalah terkait pencernaan, kunyit bisa menyembuhkan penyakit gula darah, kencur bisa menyembuhkan batuk serta yang lainnya.

“Pemberian tanaman obat ini diikuti dengan penempelan papan nama setiap Bidang disertai manfaat setiap jenis tanaman obat dan pupuk untuk kesuburan tanaman obat,” ujar Burhan.(Rzh)

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.