Distanakbun Salurkan Bantuan Alsintan

Distanakbun Salurkan Bantuan Alsintan

Majene, Terassulbar.com – Alsintan atau alat mesin pertanian adalah sebutan untuk semua alat dan mesin yang digunakan dalam usaha bidang pertanian yang mutlak sangat dibutuhkan dalam pembangunan pertanian.

Peningkatan teknologi tepat guna melalui alsintan sangat dapat meningkatkan efisiensi dan kualitas produksi pertanian serta peran alsintan dalam pengembangan pertanian bukan sebatas proses budidaya dan pascapanen, tapi juga upaya pengembangan proses hasil panen menjadi aneka produk pangan.

Adanya alsintan ini, menjadi pemicu transformasi teknologi kepada petani menuju pertanian yang lebih modern, efektif, dan ramah lingkungan.

Sejalan dengan pesatnya perkembangan teknologi bidang Alsintan serta meningkatnya permintaan Alsintan terutama dari petani, sedangkan disisi lain harga Alsintan yang umumnya belum terjangkau petani.

“Kami berupaya membantu dan menyampaikan suara petani kepada pemerintah demi meningkatkan produktivitas petani khususnya di Kabupaten Majene,” terang Ahmad Kepala Bidang Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Distanakbun Majene, Jumat (19/11/2021).

Diungkapkan, untuk menuntaskan permasalahan para petani, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Majene mengupayakan membantu petani dalam produktivitas dengan mengadakan alsintan untuk para petani di Majene dengan harapan akan menunjang petani hingga hasil produktivitas maksimal.

“Jumlah bantuan alsintan yang kita serahkan selama 2021, yaitu traktor roda dua 10 unit  pompa air 10 unit dan cultifator 10 unit,” rinci Ahmad.

Ia menyampaikan, bahwa pada dasarnya tujuan utama sektor pertanian ialah hasil pertanian itu sendiri, sehingga hendaknya para petani memperhatikan hasil panen semaksimal mungkin. “Pemerintah telah mendukung dengan berbagai faktor dan salah satunya dengan diadakannya bantuan Alsintan ini,” ujarnya.

Peran alsintan secara mekanis lanjutnya, sangat penting untuk mendukung kenaikan produksi pangan, karena kemampuan pengolah tanah secara serampak hanya bisa dilakukan dengan menggunakan alsintan.

“Artinya bantuan ini harus benar-benar dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Semoga Kabupaten Majene menjadi Kabupaten yang swasembada pangan,” harapnya.(Rzh)

 

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.