Dewan Anggap Saat ini Petani di Sulbar Butuh Bantuan Pupuk dan Bibit

Dewan Anggap Saat ini Petani di Sulbar Butuh Bantuan Pupuk dan Bibit

Mamuju, Terassulbar.com – Ketua Komisi II DPRD Provinsi Sulawesi Barat Sukri Umar menyayangkan jatah pupuk bersubsidi di daerah tersebut dikurangi pemerintah pusat. Padahal, para petani di Sulbar membutuhkan bibit berkualitas dan pupuk dalam upaya meningkatkan kesejahteraan dan membangun sektor pertanian setempat.

“Pupuk bersubsidi dan bibit unggul menjadi hal yang terpenting bagi petani. Sayangnya jatah pupuk bersubsidi untuk daerah ini dikurangi oleh pemerintah,” kata Sukri Umar di Mamuju, Sulbar, Sabtu (30/8/2021).

Menurut dia, pupuk bersubsidi yang kurang untuk memenuhi kebutuhan petani sebenarnya bukan karena kelangkaan namun akibat jatah Sulbar dikurangi pemerintah pusat.

Dia juga meminta agar bibit unggul bagi petani di Sulbar dapat disiapkan lebih baik.  Menurutnya, hal itu untuk mendorong petani menghasilkan produksi komoditas pertanian yang lebih baik dan memiliki nilai pasar lebih tinggi.

“Selama ini kontraktor pengadaan bibit tidak memperhatikan kualitas bibit yang baik untuk meningkatkan sektor pertanian dan itu sering kali dikeluhkan petani, sehingga kedepan kualitas bibit juga harus lebih ditingkatkan,” katanya.

Lebih lanjut dia mengatakan 80 persen masyarakat Sulbar yang berpenduduk 1,5 juta hidup dari sektor pertanian petani sehingga pemerintah pusat mesti terus memberikan bantuan pertanian untuk provinsi itu.

“Pertanian Sulbar berpotensi dibangun karena 70 persen masyarakat Sulbar masih menguasai tanah untuk pertanian dan tidak dikuasai perusahaan dan tentu ini peluang bagi membangun pertanian Sulbar,” katanya.  (Adv)

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.