Komisi IV DPRD Sulbar Siap Support Anggaran Operasional Alat Deteksi Gempa

Komisi IV DPRD Sulbar Siap Support Anggaran Operasional Alat Deteksi Gempa

Mamuju, Terassulbar.com – Komisi IV DPRD Sulbar melakukan kunjungan kerja ke kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Prov. Sulbar Jumat (06/08/2021).

Kunjungan tersebut dipimpin lansung oleh Ketua Komisi Sudirman didampingi sejumlah anggota komisi IV seperti DSukardy M Noer dan Abidin Abdullah. Kungker itu diterima langsung oleh Kepala BPBD Sulbar Darno Majid bersama jajarannya.

Dalam kunjungan tersebut Komisi IV DPRD Sulbar diperlihatkan sejumlah alat deteksi bencana dan mendapat penjelaskan terkait sistem kerja sejumlah peralatan yang dimiliki BPBD Sulbar diantaranya adalah Warning Receiver System (WRS) dan Early Warning System (EWS) dimana alat ini berfungsi sebagai sistem penerima peringatan dini informasi gempa bumi dan tsunami.

“Alat ini bertujuan untuk pemantauan dan perkembangan akan bencana dan terdapat pula alat pendeteksi likuifaksi, peralatan taktis dan alat pemantau yang sistemnya jika tidak ada jaringan maka alat ini akan terpakai dan terintegrasi sendiri dengan satelit. Sebagai informasi tambahan bahwa semua barang-barang dan peralatan yang berada di Gudang BPBD Sulbar ini merupakan bantuan pusat yang berasal dari APBN, tetapi sangat disayangkan bantuan ini tidak diberikan biaya operasional dan biaya perawatannya.”kata kepala BPBD Sulbar Darno Majid.

Darno menjelaskan sejumlah peralatan itu tidak dapat dioperasikan karena terkendala oleh biaya operasional seperti honor operator. Saat ini kata dia operator alat tersebut bekerja secara sukarela.

Merespon hal itu, ketua komisi IV DPRD Sulbar Sudirman mengaku siap mengawal dan mensupport sejumlah kebutuhan anggaran yang diperlukan oleh BPBD Sulbar khususnya untuk pengoperasionalan sejumlah alat penangulangan bencana tersebut.

“silahkan hitung berapa rincihan angagrannya, berapa total yang dibutuhkan, kami di DPRD siap membantu mengalokasikan anggarannya. Semoga di APBD perubahan anggarannya bisa kita plot. Termasuk kebutuhan anggran tahun depan silahkan diusulkan, diajukan kepada kami. InsyaAlalah kami akan bantu di komisi IV.” Tegas Politisi partai Golkar itu. (Adv)

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.